Rabu, 19 September 2018

EVENT ACTIVITY

Jadwal & Deskripsi Acara Pengisi

CITY ON FIRE LOGO 2018

Opening 26 Juli 2018 / Pantai Nek Aji / 19:30 WIB
27-29 Juli 2018 / 08:00 - 22:00 WIB

Toboali Fashion Carnival

Jalan Jendral Sudirman | Minggu, 29 Juli 2018

Kompetisi desain kostum dan karnaval busana ini merupakan salah satu acara pengisi Toboali City on Fire yang banyak mendapatkan antusiasme masyarakat. Para peserta karnaval akan menggunakan dan memamerkan busana yang mencerminkan desain sesuai dengan kategori yang telah ditentukan sepanjang jalan utama kota Toboali sepanjang 1 kilometer. Setiap busana dibuat dalam bentuk kostum yang kesemuanya di kompetisikan untuk meraih penghargaan-penghargaan.

Toboali Photo Competition

Wisma Samudra | 26 - 29 Juli 2018

Toboali Photo Competition merupakan sebuah kompetisi untuk memacu semangat berkarya fotografer. Lomba foto ini ditujukan kepada para pencinta fotografi juga traveller. Melalui mata lensa para pecinta fotografi ajang ini merupakan sebagai media eksplorasi dan memperkenalkan potensi-potensi wisata tersembunyi di Kabupaten Bangka Selatan yang belum tersentuh oleh wisatawan.

Mural Competition

Pantai Batu Kodok | 27 - 28 Juli 2018

Mural adalah seni menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen dengan media yang bebas seperti cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar. Lomba Mural ini tidak hanya bertujuan membentuk kerjasama, mengasah kreativitas dan jiwa berkesenian akan tetapi juga untuk mempercantik kota, memberikan nilai-nilai estetika sehingga nampak indah dipandang mata.

Festival Band

Pantai Nek Aji | Jum'at, 27 Juli 2018

Kompetisi ini ditujukkan kepada kawula muda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjadi ajang mengekspresikan minat & bakatnya dalam bermusik. Pada Festival Band Toboali City on Fire yang menjadi keunikan adalah kolaborasi musik modern dengan lagu-lagu berbahasa daerah. Kreativitas para musisi yang berkompetisi dalam ajang ini betul-betul ditantang untuk dapat mengkomposisikan perpaduan aransemen yang dapat dinikmati.

Festival Kreasi Tari Daerah

Pantai Nek Aji | Sabtu, 28 Juli 2018

Kompetisi ini ditujukkan kepada para pelaku seni & budaya daerah di Provinsi Bangka Belitung untuk menunjukkan karyanya dalam mengembangkan tari-tarian klasik sesuai dengan perkembangan jaman. Ajang ini juga erupakan sarana hiburan bagi masyarakat dan wisatawan. Serta wahana apresiasi pelaku seni guna menularkan semangat cinta tanah air melalui pengenalan-pengenalan budaya lewat pegelaran seni tari sehingga dapat memupuk minat dan bakat generasi muda untuk mencintai budaya negerinya.

Festival Layangan

Pantai Nek Aji | Sabtu, 28 Juli 2018

Layang-layang merupakan salah saru permaninan tradisional populer yang tak lekang dimakan waktu. Seiring perkembangan zaman permainan ini semakin berkembang baik bentuk, ukuran, & teknik permaina. Festival ini tidak hanya ditujukan sebagai ajang perlombaan tetapi juga media mempromosikan wisata yang ada di Bangka Selatan serta ajang kreativitas dalam melestarikan budaya tradisional.

Lomba Melukis Tudung Saji

Halaman Wisma Samudra | Sabtu. 28 Juli 2018

Tudung Saji tak hanya menjadi benda yang dipakai untuk menutup  makanan, akan tetapi bagi masyarakat Bangka Selatan khususnya memiliki filosofinya sendiri sebagai bentuk perlindungan dari Allah SWT. Tudung saji tidak hanya menjadi simbol tradisi akan tetapi juga kemasyarakatan, keagamaan dan kegotong royongan. Sebagai media yang lekat dengan keseharian masyarakat Bangka Selatan maka dalam Toboali City on Fire Season diselenggarakan Lomba Lukis Tudung Saji sebagai wahana apresiasi para seniman dan masyarakat pelaku seni dan meniupkan gelora semangat kebanggaan pada tradisi yang harus dilestarikan di Bumi Nusantara ini.

Festival Ngarak Telok Herujo

Jalan Jendra Sudirman | Minggu, 29 Juli 2018

Telok Serujo merupakan Tradisi yang turun temurun digunakan sebagai perwujudan rasa syukur untuk kebahagiaan dan kelahiran hidup yang baru. Bentuk asli dari Telok Serujo terdiri dari telur rebus yang diberi warna merah kemudian di tusukan dengan lidi yang ujungnya terdapat hiasan bunga seroja, dan dibawah terdapat Ketan yang dibungkus dengan daun Simpur Serta di susun di pohon pisang sebagai wadah untuk merangkai Telok Serujo. Seiring dengan perkembangannya budaya Ngarak Telok Serujo juga tak lekang dimakan waktu, masih lekat dengan budaya masyarakat Bangka Selatan sehari-hari. Untuk itu melalui Event Toboali City on Fire Ngarak Telok Serujo ditampilkan sabagai bagian dari budaya Bangka Selatan yang terus dilestarikan.

Lomba Melukis Telok Herujo

Halaman Wisma Samudra | Jum'at, 27 Juli 2018

Secara harfiah Telok Serujo merupakan budaya menghias telur rebus. Awalnya telur dalam Telok Serujo hanya memiliki warna merah saja namun seiring dengan perkembangan masyarakat mengkreasikan telur tersebut dengan corak yang beragam seperti ornamen flora fauna serta kearifan lokal yang ada di masyakat. Lomba melukis telok serujo ini ditujukan untuk melestarikan budaya telok serujo itu sendiri pada generasi muda sekaligus sebagai ajang mengasah kreativitas.

Lomba Memancing

Sungai Nyire | Sabtu, 28 Juli 2018

Kabupaten Bangka Selatan merupakan daerah pesisir yang memiliki banyak pantai indah, sumber daya kelautan melimpah, terumbu karang yang tersebar serta titik-titik kapal tenggelam. Hal ini merupakan sumber daya alam yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi Wisata Minat Khusus yang salah satunya adalah olahraga memancing. Melalui kegiatan Lomba memancing ini diharapkan dapat memperkenalkan spot-spot memancing yang ada di Kabupaten Bangka Selatan dan dapat menjadi salah satu kegiatan Wisata Minat Khusus selain Snorkling dan Diving.

Touring Motorcycle

Pangkalpinang - Toboali | Minggu, 29 Juli 2018

Touring motor bisa jadi merupakan salah satu aktivitas wisata yang dapat memberikan pengalaman berbeda. Melalaui touring motor Toboali City on Fire ini sembari membelah lintasan dengan jalur-jalur wisata, para biker diajak untuk mengeksplorasi potensi pesona wisata yang ada di Bangka Selatan. Dengan merangkul komunitas biker juga diharapkan dapat menjadi media silaturrahmi dan memperkenalkan pada komunitas lainnya.

Bikepacker

Toboali - Pulau Tinggi | Jum'at, 27 Juli 2018

Bikepacker umumnya identik dengan seorang traveller on budget dengan mengandalkan kendaraan roda dua. Menjinjing tas punggung yang dipakai untuk membawa semua barang yang mungkin dibutuhkan selama perjalanan. Pada bikepacker Toboali City on Fire Season 2 ini para goweser akan diajak berpetualang menjelajahi keindahan alam Bangka Selatan yang memiliki banyak potensi wisata dengan camping di pinggir pantai dan mengikuti beragam aktivitas. Juga diajak menggali kenikmatan interaksi sosial selama perjalanan.

Nganggung 1000 Dulang

Jalan Jendral A Yani | Minggu, 29 Juli 2018

Nganggung adalah tradisi membawa makanan dalam dulang yang ditutup tudung saji ke Masjid atau aula yang kemudian disantap bersama-sama. Dijadikannya Nganggung sebagai salah satu acara pengisi Toboali City on Fire ini tidak hanya bertujuan memperkenalkan tradisi Nganggung itu sendiri, tetapi juga sebagai perwujudan Negeri Junjung Besaoh. Serta memupuk semangat untuk lebih mencintai budaya gotong royong dan kebersamaan kepada masyarakat dan generasi muda Bangka Belitung. Kegiatan ini akan diikuti 1000 dulang dari seluruh kecamatan dan desa yang ada di Bangka Selatan.

Ritual Budaya Buang Jung

Desa Kumbung Lepar Pongok | Senin, 30 Juli 2018

Buang Jung adalah tradisi tahunan suku laut yaitu Suku Sekak pada masa pancarobayang waktunya biasanya ditentukan oleh tetua adat. Tradisi ini juga ditujukan untuk menolak bala dan memohon perlindungan Tuhan serta wujud rasa syukur atas tangkapan hasil laut. Rangkaian acara dengan puncak melarung miniatur perahu lengkap dengan sesajian ke tengah laut adalah salah satu daya tarik ritual ini. Dijadikannya ritual adat Buang Jung dalam event Toboali City on Fire Season 2 ini guna memperkenalkan keragaman budaya khas yang dimiliki Bangka Selatan. Juga sebagai perwujudan semangat untuk lebih mencintai dan menjaga tradisi khas daerahnya.

Pameran UMKM

Pantai Nek Aji | 26 - 29 Juli 2018

Ajang ini merupakan media pembuka peluang investasi juga pengenalan dan pemasaran hasil karya pengusaha, UMKM, dan komunitas yang ada di Bangka Selatan. Pameran ini diharapkan dapat menjadi pemicu bangkitnya ekonomi kreatif dan semangat berkreasi para pelakunya. Dalam pameran ini pengunjung juga dapat melihat-lihat dan membeli beragam produk-produk  hasil karya pengusaha, UMKM, dan komunitas yang mungkin menarik untuk dibawa pulang.

Festival Kuliner

Batu Belimbing | Sabtu, 28 Juli 2017

Kuliner adalah bagian dari budaya masyarakat yang mencerminkan kekayaan alam dan budaya suatu daerah. Kabupaten Bangka Selatan memiliki beragam jenis makanan tradisional dengan ciri khas rasa dan kelezatannya. Festival kuliner dalam rangkaian Toboali City on Fire Season 2 ini tidak hanya dapat menjadi media mempromosikan kuliner khas tetapi juga mengajak pengunjung untuk mencicipi kuliner khas Bangka Selatan sebagai bentuk kecintaan pada kekayaan kuliner nusantara.

LOMBA

Toboali Fashion Carnival

Jalan Jendral Sudirman | Minggu, 29 Juli 2018

Kompetisi desain kostum dan karnaval busana ini merupakan salah satu acara pengisi Toboali City on Fire yang banyak mendapatkan antusiasme masyarakat. Para peserta karnaval akan menggunakan dan memamerkan busana yang mencerminkan desain sesuai dengan kategori yang telah ditentukan sepanjang jalan utama kota Toboali sepanjang 1 kilometer. Setiap busana dibuat dalam bentuk kostum yang kesemuanya di kompetisikan untuk meraih penghargaan-penghargaan.

Toboali Photo Competition

Wisma Samudra | 26 - 29 Juli 2018

Toboali Photo Competition merupakan sebuah kompetisi untuk memacu semangat berkarya fotografer. Lomba foto ini ditujukan kepada para pencinta fotografi juga traveller. Melalui mata lensa para pecinta fotografi ajang ini merupakan sebagai media eksplorasi dan memperkenalkan potensi-potensi wisata tersembunyi di Kabupaten Bangka Selatan yang belum tersentuh oleh wisatawan.

Mural Competition

Pantai Batu Kodok | 27 - 28 Juli 2018

Mural adalah seni menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen dengan media yang bebas seperti cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar. Lomba Mural ini tidak hanya bertujuan membentuk kerjasama, mengasah kreativitas dan jiwa berkesenian akan tetapi juga untuk mempercantik kota, memberikan nilai-nilai estetika sehingga nampak indah dipandang mata.

Festival Band

Pantai Nek Aji | Jum'at, 27 Juli 2018

Kompetisi ini ditujukkan kepada kawula muda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjadi ajang mengekspresikan minat & bakatnya dalam bermusik. Pada Festival Band Toboali City on Fire yang menjadi keunikan adalah kolaborasi musik modern dengan lagu-lagu berbahasa daerah. Kreativitas para musisi yang berkompetisi dalam ajang ini betul-betul ditantang untuk dapat mengkomposisikan perpaduan aransemen yang dapat dinikmati.

Festival Kreasi Tari Daerah

Pantai Nek Aji | Sabtu, 28 Juli 2018

Kompetisi ini ditujukkan kepada para pelaku seni & budaya daerah di Provinsi Bangka Belitung untuk menunjukkan karyanya dalam mengembangkan tari-tarian klasik sesuai dengan perkembangan jaman. Ajang ini juga erupakan sarana hiburan bagi masyarakat dan wisatawan. Serta wahana apresiasi pelaku seni guna menularkan semangat cinta tanah air melalui pengenalan-pengenalan budaya lewat pegelaran seni tari sehingga dapat memupuk minat dan bakat generasi muda untuk mencintai budaya negerinya.

Festival Layangan

Pantai Nek Aji | Sabtu, 28 Juli 2018

Layang-layang merupakan salah saru permaninan tradisional populer yang tak lekang dimakan waktu. Seiring perkembangan zaman permainan ini semakin berkembang baik bentuk, ukuran, & teknik permaina. Festival ini tidak hanya ditujukan sebagai ajang perlombaan tetapi juga media mempromosikan wisata yang ada di Bangka Selatan serta ajang kreativitas dalam melestarikan budaya tradisional.

Lomba Melukis Tudung Saji

Halaman Wisma Samudra | Sabtu. 28 Juli 2018

Tudung Saji tak hanya menjadi benda yang dipakai untuk menutup  makanan, akan tetapi bagi masyarakat Bangka Selatan khususnya memiliki filosofinya sendiri sebagai bentuk perlindungan dari Allah SWT. Tudung saji tidak hanya menjadi simbol tradisi akan tetapi juga kemasyarakatan, keagamaan dan kegotong royongan. Sebagai media yang lekat dengan keseharian masyarakat Bangka Selatan maka dalam Toboali City on Fire Season diselenggarakan Lomba Lukis Tudung Saji sebagai wahana apresiasi para seniman dan masyarakat pelaku seni dan meniupkan gelora semangat kebanggaan pada tradisi yang harus dilestarikan di Bumi Nusantara ini.

Festival Ngarak Telok Herujo

Jalan Jendra Sudirman | Minggu, 29 Juli 2018

Telok Serujo merupakan Tradisi yang turun temurun digunakan sebagai perwujudan rasa syukur untuk kebahagiaan dan kelahiran hidup yang baru. Bentuk asli dari Telok Serujo terdiri dari telur rebus yang diberi warna merah kemudian di tusukan dengan lidi yang ujungnya terdapat hiasan bunga seroja, dan dibawah terdapat Ketan yang dibungkus dengan daun Simpur Serta di susun di pohon pisang sebagai wadah untuk merangkai Telok Serujo. Seiring dengan perkembangannya budaya Ngarak Telok Serujo juga tak lekang dimakan waktu, masih lekat dengan budaya masyarakat Bangka Selatan sehari-hari. Untuk itu melalui Event Toboali City on Fire Ngarak Telok Serujo ditampilkan sabagai bagian dari budaya Bangka Selatan yang terus dilestarikan.

Lomba Melukis Telok Herujo

Halaman Wisma Samudra | Jum'at, 27 Juli 2018

Secara harfiah Telok Serujo merupakan budaya menghias telur rebus. Awalnya telur dalam Telok Serujo hanya memiliki warna merah saja namun seiring dengan perkembangan masyarakat mengkreasikan telur tersebut dengan corak yang beragam seperti ornamen flora fauna serta kearifan lokal yang ada di masyakat. Lomba melukis telok serujo ini ditujukan untuk melestarikan budaya telok serujo itu sendiri pada generasi muda sekaligus sebagai ajang mengasah kreativitas.

Lomba Memancing

Sungai Nyire | Sabtu, 28 Juli 2018

Kabupaten Bangka Selatan merupakan daerah pesisir yang memiliki banyak pantai indah, sumber daya kelautan melimpah, terumbu karang yang tersebar serta titik-titik kapal tenggelam. Hal ini merupakan sumber daya alam yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi Wisata Minat Khusus yang salah satunya adalah olahraga memancing. Melalui kegiatan Lomba memancing ini diharapkan dapat memperkenalkan spot-spot memancing yang ada di Kabupaten Bangka Selatan dan dapat menjadi salah satu kegiatan Wisata Minat Khusus selain Snorkling dan Diving.

TCOF 3

Touring Motorcycle

Pangkalpinang - Toboali | Minggu, 29 Juli 2018

Touring motor bisa jadi merupakan salah satu aktivitas wisata yang dapat memberikan pengalaman berbeda. Melalaui touring motor Toboali City on Fire ini sembari membelah lintasan dengan jalur-jalur wisata, para biker diajak untuk mengeksplorasi potensi pesona wisata yang ada di Bangka Selatan. Dengan merangkul komunitas biker juga diharapkan dapat menjadi media silaturrahmi dan memperkenalkan pada komunitas lainnya.

Bikepacker

Toboali - Pulau Tinggi | Jum'at, 27 Juli 2018

Bikepacker umumnya identik dengan seorang traveller on budget dengan mengandalkan kendaraan roda dua. Menjinjing tas punggung yang dipakai untuk membawa semua barang yang mungkin dibutuhkan selama perjalanan. Pada bikepacker Toboali City on Fire Season 2 ini para goweser akan diajak berpetualang menjelajahi keindahan alam Bangka Selatan yang memiliki banyak potensi wisata dengan camping di pinggir pantai dan mengikuti beragam aktivitas. Juga diajak menggali kenikmatan interaksi sosial selama perjalanan.

Nganggung 1000 Dulang

Jalan Jendral A Yani | Minggu, 29 Juli 2018

Nganggung adalah tradisi membawa makanan dalam dulang yang ditutup tudung saji ke Masjid atau aula yang kemudian disantap bersama-sama. Dijadikannya Nganggung sebagai salah satu acara pengisi Toboali City on Fire ini tidak hanya bertujuan memperkenalkan tradisi Nganggung itu sendiri, tetapi juga sebagai perwujudan Negeri Junjung Besaoh. Serta memupuk semangat untuk lebih mencintai budaya gotong royong dan kebersamaan kepada masyarakat dan generasi muda Bangka Belitung. Kegiatan ini akan diikuti 1000 dulang dari seluruh kecamatan dan desa yang ada di Bangka Selatan.

Ritual Budaya Buang Jung

Desa Kumbung Lepar Pongok | Senin, 30 Juli 2018

Buang Jung adalah tradisi tahunan suku laut yaitu Suku Sekak pada masa pancarobayang waktunya biasanya ditentukan oleh tetua adat. Tradisi ini juga ditujukan untuk menolak bala dan memohon perlindungan Tuhan serta wujud rasa syukur atas tangkapan hasil laut. Rangkaian acara dengan puncak melarung miniatur perahu lengkap dengan sesajian ke tengah laut adalah salah satu daya tarik ritual ini. Dijadikannya ritual adat Buang Jung dalam event Toboali City on Fire Season 2 ini guna memperkenalkan keragaman budaya khas yang dimiliki Bangka Selatan. Juga sebagai perwujudan semangat untuk lebih mencintai dan menjaga tradisi khas daerahnya.

Pameran UMKM

Pantai Nek Aji | 26 - 29 Juli 2018

Ajang ini merupakan media pembuka peluang investasi juga pengenalan dan pemasaran hasil karya pengusaha, UMKM, dan komunitas yang ada di Bangka Selatan. Pameran ini diharapkan dapat menjadi pemicu bangkitnya ekonomi kreatif dan semangat berkreasi para pelakunya. Dalam pameran ini pengunjung juga dapat melihat-lihat dan membeli beragam produk-produk  hasil karya pengusaha, UMKM, dan komunitas yang mungkin menarik untuk dibawa pulang.

Festival Kuliner

Batu Belimbing | Sabtu, 28 Juli 2017

Kuliner adalah bagian dari budaya masyarakat yang mencerminkan kekayaan alam dan budaya suatu daerah. Kabupaten Bangka Selatan memiliki beragam jenis makanan tradisional dengan ciri khas rasa dan kelezatannya. Festival kuliner dalam rangkaian Toboali City on Fire Season 2 ini tidak hanya dapat menjadi media mempromosikan kuliner khas tetapi juga mengajak pengunjung untuk mencicipi kuliner khas Bangka Selatan sebagai bentuk kecintaan pada kekayaan kuliner nusantara.

RUNDOWN
MAP
DENAH